5 Manfaat Sedekah Menurut Islam

Category: Khasanah Islam 102 0

Sedekah adalah amalan yang harus dilazimi bagi setiap muslim. Bersedekah bukan hanya di anjurkan bagi yang sudah merasa mampu saja. Setiap muslim wajib menanamkan dalam dirinya untuk melazimi sedekah dan mengamalkannya. Manfaat yang di dapat dari sedekah dapat berdampak baik orang lain dan si pemberi sedekah tersebut.

Sedekahpun tidak harus berupa harta. Dalam salah satu riwayat Rasulullah saw bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ.

Senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah“ (HR at-Tirmidzi )

Hadist ini mengisyaratkan kepada kita bahwa senyuman manis untuk saudara sesama muslim bernilai sedekah. Menampakkan wajah yang manis di hadapan seorang muslim akan meyebabkan hatinya merasa senang dan bahagia, dan melakukan perbuatan yang menyebabkan hati seorang muslim bahagia adalah suatu kebaikan dan keutamaan.

Jika mebahagiakan hati seorang mukmin dengan senyum saja sudah mendapat kebaikan dan keutamaan, apalagi membahagiakan saudara mukmin dengan tenaga dan harta?. Tentunya akan sangat banyak sekali kebaiakan yang ia dapatkan.

Manfaat Bersedekah

Bukan sekedar pahala yang akan di dapat dengan melakukan sedekah. Akan tetapi, banyak manfaat dan efek kebaikan yang akan ia dapatkan. Diantaranya adalah:. 

Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Hari kiamat adalah seburuk-buruknya hari bagi siapa saja yang mengalaminya. Pada hari itu, pintu tobat sudah ditutup dan segala perbuatan yang kita lakukan selama di dunia merupakan satu-satunya bekal yang akan menentukan nasib kita selanjutnya ketika di akhirat.

Sedekah dapat menjadi amalan yang akan bias menjadi naunagan kita saat hari kiamat, sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (H.R Ahmad)

 Menyembuhkan Penyakit

Mungkin banyak dari kita yang masih belum percaya bahwa sedekah dapat meringankan penyakit. Manfaat sedekah untuk menyembuhkan penyakit sebenarnya sudah tertuang dalamsabda Rasulullah saw yang diriwayatkan At-Tabrani:

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dari kalian dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.”

Abu Dawud juga meriwayatkan sabda Rasulullah tentang manfaat sedekah yang dapat menyembuhkan penyakit: “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.”  (H.R Abu Dawud).

 Membuka Pintu Rezeki

Memudahkan urusan dan kesulitan orang lain, yang dapat diwujudkan melalui sedekah, ternyata juga dapat membuka pintu rezeki. Rezeki yang diberikan Allah mungkin tidak selalu berupa nikmat materi. Rezeki dapat berupa nikmat sehat, usia, dan kemudahan dalam menunaikan hajat.

Hal tersebut sebagaimana disabdakan Rasulullah dalam Hadis Qudsi: “Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.”

Itulah sebabnya jangan pernah ragu untuk membantu orang lain yang tengah kesulitan dan niatkan segalanya karena Allah swt semata, niscaya Allah akan membalas perbuatan baik kita berlipat-lipat.

Menyucikan Diri dari Segala Dosa

Sedekah dapat menjadi salah satu perwujudan tobat nasuha kepada Allah Swt. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Surat At-Taubah ayat 103:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Menghindari Murka Allah Swt.

Sedekah yang dilakukan dengan niat mengharap ridha dan ampunan Allah dapat menghindarkan diri kita dari murka-Nya. Sabda Rasulullah saw  “Sedekah secara rahasia akan memadamkan murka Allah.”

Manfaat sedekah tidak terbatas pada ulasan di atas saja. Masih banyak keberkahan dan kemudahan yang akan dilimpahkan oleh Allah swt yang ikhlas dalam sedekah. Jadi, jangan takut untuk menyisihkan sebagian harta kita di jalan Allah Swt. Dengan bersedekah dan membantu sesama manusia yang tengah tertimpa musibah.

Semoga Allah swt melapangkan hati kita untuk senantiasaberamal sholih. Aamiin

Related Articles

Add Comment